Posted by : Just_Oi Kamis, 04 Oktober 2012

Tidak berlama-lama di Pulau Manuk, menjelang maghrib kita lanjutkan perjalanannya menuju  Sawarna. Dari Pulo Manuk menuju Sawarna jaraknya sekitar 5 km  lagi. Sawarna sebenarnya bukan nama pantainya, akan tetapi nama desa dimana pantai-pantai itu berada. Selain itu menuju pantai ini kita tidak akan menemuinya dari pinggir jalan, atau berdekatan dengan tempat kita memarkir mobil, tapi kita markir mobil di pinggir jalan, dan selanjutnya  jalan kaki nyusurin gang sejauh kurang lebih 500 m. Disekitar gang inilah banyak rumah warga yang disulap menjadi penginapan atau sengaja didirikan penginapan-penginapan baru.  Hanya motor saja yang bisa masuk ke gang ini.

Parkiran Mobil Sawarna

Yang menarik adalah kita akan melewati terlebih  dahulu jembatan gantung yang melintasi sungai dibawahnya. Seru juga.. karena jembatan ini akan bergoyang2 saat kita melewatinya, biasanya cewe-cewe akan sedikit ketakutan ketika melawati jembatan ini.

Kebetulan kita dapat informasi dari seorang teman tentang CP ( contact person) yang bisa kita hubungi untuk mendapatkan penginapan. Satu tips yang sebaiknya kita lakukan sebelum kita datang ke sini terutama saat week end yaitu sebaiknya kita booking dulu  penginapannya, karena kalau kita goshow bisa jadi kita akan kesulitan mendapatkan penginapan karena hampir semua penginapan sudah di booking orang. Contact personnya bisa kita searching di internet saja, atau ya bertanya ke orang yang sudah kesini sebelumnya.

Jembatan Gantung
Kebetulan sore itu kita berkenalan dengan Kang Nana, dia yang dituakan di daerah situ. Berkat bantuan kang Nana akhirnya kita diantarkan ke sebuah penginapan yang lokasinya tidak begitu jauh dari pantai. Hampir semua kamar sudah di booking waktu itu, dan kita beruntung masih dapet 1 kamar kosong.
Perlu diketahui juga tarif penginapan disini agak beda dengan penginapan pada umumnya. Kurang lebih pasaran harganya kayak gini nih :
Kalau itungan perorang, dadakan saat weekend :
/orang      : kurang lebih Rp 120.000/ hari ( makan 3x/hari ), ini asumsi sekamar diisi 4-5 orang.
/kamar     : kurang lebih Rp. 500.000/hari ( tanpa makan ), kamar bebas mu diisi berapa orang aja
/orang      : kurang lebih Rp 250.000/hari ( makan 3x/hari ), kamar diisi cuman dua orang.

Nah kalau kita booking jauh hari sebelumnya, harga per-orang bisa lebih murah, kalau bisa nego per-orangnya bisa nyampe Rp 80000/hari sudah termasuk makan 3x/hari.

Untuk menu makan, ya jangan berharap menu makan mewah dengan harga seperti itu, tapi cukup worted kok untuk mengisi perut kita.
Villa Angsana
Villa Angsana
Dari Villa kita ini jaraknya paling 100 m ke pantai Ciantir, pantai yang paling dekat dengan lokasi kita. Ombak pantai ini cukup besar, tidak heran jika ada larangan berenang di pantai ini selain itu juga pantai ini seperti pantai lainnya ada gugusan karangnya. Akan tetapi ini jadi tujuan yang menarik buat para surfer, makanya jangan heran juga kalau disini banyak bule yang membawa papan luncur.
Gugusan Pantai Ciantir
Kalo bisa dibilang, dipaket wisata Sawarna ini jadinya ada beberapa lokasi yang bisa kita datengin sekaligus, kalau pada ikut paket dari jasa Travel, pasti paketnya adalah Pantai Ciantir, Tanjung Layar, Legon Pari, Karang Taraje dan Gua Lalai.  Masing-masing punya keseruan sendiri-sendiri nih mas bro dan jeng sist sekalian.. part berikutnya kita bahas ya..

Continued...


Nara Sumber :
- Catatan perjalanan pribadinya Oi
- Photo jepretan Oi, Hikmah, dan dari Mbah Google

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Just_Oi - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -