Posted by : Just_Oi Sabtu, 11 April 2015

Kalau kita  bicara kota Padang atau Ranah Minang, terus bicara makanan khas nya, maka pastilah  tidak jauh dari Kripik Sanjay dan makanan Padang itu sendiri. Kesempatan yang sempit  di kota Padang pun sebenarnya ingin kita manfaatkan untuk melihat sisi lain dari kuliner Padang, tidak hanya dua jenis makanan itu saja. Tapi karena moment nya memang masih momen lebaran, jadinya eksplorasi kuliner kita dikota ini sangat terbatas akibat dari masih banyaknya tempat makan yang tutup dikota ini.

Tapi ya... akhirnya kita masih sempat mengunjungi beberapa tempat kuliner yang katanya icon di kota Padang.

1. Es Durian 99
Bedanya es durian yang ada di Bandung dengan es durian di Padang adalah formatnya. Kalau kita biasa es durian itu bentuknya berupa buah durian utuh beserta bijinya dikombinasikan dengan susu kental manis dan es serut. Kalau di Padang duriannya sudah dihaluskan, bentuknya lebih seperti bubur durian, jadi jangan berharap dapetin biji duren seperti yang sudah kita kenal.
es duren
Sebenarnya ada beberapa pilihan tempat es duren favorit di kota ini selain es duren 99 ada juga es duren Ganti Nan Lamo.  Kalau dibandingkan dengan Ganti Nan Lamo, memang Es Durian 99 ini tempatnya tidak sebesar Ganti  Nan Lamo, tapi Es Durian 99 pun tak kalah ramai pengunjungnya. Untuk satu Porsi Es Durian biasa harganya Rp 17,000

2.  Kripik Sanjay Christine Hakim
Toko kripik balado Christine Hakim, berada  di Jalan Nipah No.38. Kalau bicara toko kripik balado memang ini lah toko no. 1 di Padang. Toko ini tidak pernah sepi pembeli. Kerdus yang paling besar dan yang paling kecil siap untuk diisi kripik dan cemilan khas Padang lainnya yang kita pilih. Kalau lagi musim liburan maka bersiap-siaplah berjejalan di dalam toko.
Christine Hakim.
Selain Christine Hakim, ada altertnatif lain untuk membeli oleh-oleh makanan khas Padang, yaitu toko Shirley. Lokasinya di  Jl. Gereja no 36 Padang. Tokonya berada di lokasi Ruko dan agak lengang, untuk parkir kendaraan memang disini lebih nyaman dibanding dengan Christine Hakim.
Yaaa.. silahkan saja pilih sesuai selera.
Toko Shirley

3. Sate Laweh
Lokasinya berada di jl.Pemuda di depan Plaza Andalas Padang. Katanya sate ini sate khas Pariaman. Ciri khasnya adalah bumbunya yang agak kemerahan. Tekstur bumbunya sih hampir sama, tapi aroma rempah sate pariaman ini lebih terasa.
Sate Ajo Laweh

Walau bumbunya lebih merah dibandingkan dengan sate padang, tapi rasanya tidak terlalu pedas loh.. biasanya saja. Untuk satu porsi sate Ajo laweh ini dihargai Rp 18,000 saja.


4. RM Padang Lamun Ombak
Rumah makan ini katanya adalah salah satu rumah makan legendaris di Padang. Sehingga malam itu ketika saya jalan dengan sopir taksi dan bertanya tentang rumah makan yang  favorit di Padang, maka supir taksi itu langsung menunjukan rumah makan ini sebagai tujuannya.

Rumah makan ini banyak gerainya, tapi yang saya tuju malam itu adalah gerai yang berlokasi di Jalan Kapten Sulaiman No. 99. Mungkin saya datang di waktu  yang tidak tepat. RM ini sangat ramai, saya melihat dengan kondisi yang ramai seperti ini, rumah makan ini tidak bisa menjaga kwalitasnya dari segala hal. Kebersihan  tidak terjaga, lantai kotor, ditambah saat itu cuaca hujan, tanah yang terbawa dari luar oleh pengunjung yang datang dengan sepatu basah terlihat  berceceran di lantai, sampah tissue dan bekas makanan  juga terlihat berceceran di lantai.

Saya datang dengan  meja yang masih kotor dan menunggu cukup lama untuk di bersihkan. Ketika di sajikan hidangan nya pun ala kadarnya tidak disajikan semua, sehingga saya bingung makan apa saat itu. Pesan kopi susu pun sampai makanan saya sudah selesai tidak kunjung datang.

Entahlah... walaupun terkenal sebagai RM Padang no 1 di kotanya, saya tetap memasukan kategori Rumah makan ini dengan kategori " Not Recommended".


Entah mungkin kalau saya datang di waktu normal. Tapi sebagai rumah makan yang katanya no wahid di Padang, rumah makan ini seharusnya menjaga kwalitasnya dalam kondisi paling ramai sekalipun.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Just_Oi - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -